MID TEST (Social Marketing Communication)

  1. Siklus Perencanaan Marketing (The Planning Cycle)
    Siklus Perencanaan Marketing merupakan suatu rencana yang akan membantu atau memastikan bahwa suatu rencana dipertimbangkan sepenuhnya, terfokus, lentur, praktis dan hemat biaya. Siklus ini juga memastikan bahwa, suatu perusahaan dapat belajar dari kesalahan yang pernah ada, dan memberi umpan balik (feedback) ke dalam perencanaan dan pengambilan keputusan di masa depan.
    Siklus perencanaan dibuat agar semua pihak dapat memahami tujuannya, dimulai dari tahap pertama hingga tahap akhir, dan siklus ini terjadi secara berulang-ulang.
    Berikut merupakan contoh Siklus Perencanaan pada PT Indosat Ooredoo

Indosat_Ooredoo_logo.svg

  • Analisis Peluang
    Pada tahapan ini digunakan untuk menganalisis dan menjelajahi peluang yang mungkin terjadi untuk mendasarkan rencana secara tegas dan direalisasikan secara nyata. Peluang tersebut dapat menjadi tujuan formal pada tahap berikutnya dalam proses.
    PT Indosat Ooredoo menangkap peluang untuk bisnis telekomunikasi global yang cukup menjanjikan, dan semakin meningkatnya hubungan pelanggan maka akan memicu perusahaan untuk meningkatkan teknologi jaringan untuk para pelanggan sehingga lebih mempermudah hubungan perusahaan dengan para pelanggan.
  • Mengidentifikasi Tujuan Rencana
    Setelah menyelesaikan analisis tentang peluang untuk perubahan, langkah selanjutnya adalah memutuskan secara tepat tujuan dari rencana yang ingin dicapai. Memutuskan dan menentukan suatu tujuan dengan mempertajam focus rencana tersebut, agar dapat membantu untuk menghindari pemborosan usaha pada isu-isu sampingan yang tidak relevan.
    Tujuan dapat di presentasikan sebagai Visi dan Misi. Visi mengungkapkan manfaat yang akan diberikan oleh sebuah organisasi kepada pelanggannya, dan Misi menjelaskan bagaimana hal itu harus dicapai.
    PT Indosat Ooredoo
    memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu membangun, mengembangkan dan mengusahakan pelayanan telekomunikasi internasional dalam rangka meningkatkan hubungan dari dalam dan luar negeri. Tujuan ini mencakup peningkatan hubungan telekomunikasi internasional sehingga mampu menunjang sektor-sektor lainnya.
  • Perumusan Strategi Pemasaran
    Tahap ini dilakukan untuk merumuskan strategi pemasaran yang akan di terapkan untuk mencapai suatu tujuan. Perumusan Starategi Pemasaran juga didasarkan pada analisis yang menyeluruh terhadap pengaruh faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal perusahaan.
    PT Indosat Ooredoo
    memiliki target market yang luas. PT Indosat Ooredoo juga memiliki jaringan operasional yang didukung oleh kantor layanan galeri Indosat dan griya Indosat yang tersebar diseluruh Indonesia dan memiliki layanan purna jual yang dapat memenuhi permintaan pelanggan, serta kualitas dan kuantitas SDM yang baik.
    Strategi pemasaran yang PT Indosat Ooredoo lakukan melalui media iklan promosi penjualan atau pemasaran langsung.
  • Memilih Opsi Terbaik
    Setelah merumuskan strategi pemasaran, tahap selanjutnya adalah memutuskan opsi terbaik yang akan digunakan yaitu PT Indosat Ooredoo telah melakukan research dan mereka memutuskan bahwa  masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang konsumtif dimana setiap individu tertarik untuk memcoba sesuatu yang baru, dimana produk tersebut mampu memenuhi kebutuhan mereka. Oleh karena itu PT Indosat mengganti namanya menjadi PT Indosat Ooredoo dan memiliki inovasi baru.
  • Perencanaan Terperinci
    Perencanaan terperinci adalah proses kerja dengan cara yang paling efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Pada tahap ini juga harus memikirkan mekanisme control yang diperlukan untuk memantau kinerja. Mencakup kegiatan seperti laporan, penjaminan mutu, pengendalian biaya, dan lain-lain yang diperlukan untuk menemukan dan memperbaiki penyimpangan dari rencana tersebut.
    PT Indosat Ooredoo merangkul keberagaman dalam tenaga kerja yang berarti memberikan perhatian yang adil kepada semua karyawan, sehingga dalam menjalankan rencana produktivitas, kinerja para karyawan dapat berjalan secara efisien dan efektif.
  • Evaluasi dan Dampak yang ada
    Setelah menyusun rincian rencana, tahap selanjutnya adalah memeriksa untuk memutuskan apakah perlu menerapkannya. Mengevaluasi rencana, memberikan kesempatan untuk menyelidiki pilihan lain yang mungkin lebih berhasil atau untuk menerima bahwa tidak ada rencana yang dibutuhkan atau harus dilakukan.
    PT Indosat Ooredoo mentindak-lanjutkan setiap perencanaan pemasaran yang telah dibuat sebelumnya agar dapat memperbaiki perencanaan pemasaran kedepannya.

        3.  Analisis Internal dalam Proses Perencanaan Marketing itu penting

  Lingkungan internal adalah kegiatan-kegiatan internal perusahaan yang dapat dikendalikan, artinya untuk mencapai tujuan  dan menjalankan strategi pemasaran, pemasar mampu melakukan pengendalian atau pengaturan atas operasi kegiatan-kegiatan tersebut seperti yang dikehendaki perusahaan. Perusahaan dapat melakukan alokasi sumberdaya secara produktif melalui koordinasi faktor manusia dan alat-alat manajemen.

   Alasan Analisis Internal Penting, yaitu:

  • Mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan, sehingga dapat mengoptimalkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan perusahaan.
    Kekuatan (strength) adalah suatu kondisi perusahaan yang mampu melaksanakan semua tugasnya secara baik, karena memiliki sumber daya, keterampilan dan keunggulan-keunggulan lain, relative terhadap pesaing dan kebutuhan pasar yang ingin dilayani oleh perusahaan. Kelemahan (weakness) adalah suatu kondisi dimana perusahaan kurang mampu melaksakan tugasnya dengan baik karena memiliki keterbatasan ataupun kekurangan dalam sumber daya, kinerja efektif perusahaan. Dalam menetapkan perencanaan untuk pemasaran diperlukan strategi yang tepat untuk memperhatikan secara detail mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Mampu mendukung strategi dan dipercaya dapat berpengaruh terhadap perusahaan merealisasikan tujuan organisasi;
  • Melihat resiko yang mungkin dapat terjadi, sehingga dapat menetralkan resiko tersebut;
  • Pengendalian penguasaan management teknologi atau teknologi yang meliputi system informasi, organisasi dan teknik-teknik operasional;
  • Karena adanya kondisi ketidakpastian, komplesitas dan konflik yang dihadapi dalam organisasi.

    5.  antara konsep STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) dengan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dalam Perencanaan Marketing

         Konsep STP :

  • Segmenting adalah upaya memetakan pasar (sasaran program) dengan mengelompokkan konsumen sesuai dengan persamaan di antara mereka. Pengelompokkan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
  • Targeting adalah tindakan mengevaluasi keaktifan daya tarik setiap segmen pasar dan memilih salah satu atau lebih dari segmen pasar tersebut untuk dimasuki.
  • Positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Perbedaan dan keunggulan suatu produk dibandingkan kompetitor. Menurut Don E. Schwitz, positioning adalah bagaimana untuk meningkatkan sekaligus menempatkan suatu produk terhadap pesaing dalam pikiran konsumen dengan kata lain positioning dipakai untuk mengisi dan memenuhi keinginan konsumen dalam kategori tertentu.

         Teori AIDA:

  • Attention adalah tahap menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk yang ditawarkan.
  • Interest adalah tahap meningkatkan ketertarikan konsumen. Biasanya dengan menjelaskan manfaat/keuntungan dari produk tersebut.
  • Desire adalah tahap meyakinkan konsumen agar mereka ingin memiliki produk atau jasa yang ditawarkan, sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Action adalah tahap mengarahkan konsumen agar mengambil aksi dalam keputusan pembelian

Korelasi antara STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) dan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) adalah STP akan membuat marketer menggunakan marketing tools sesuai dengan proses AIDA. Jadi positioning dan actionnya juga akan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.

Contoh Korelasi antara STP dan AIDA:

Menentukan STP terlebih dahulu pada produk The Botol Sosro:

  • Segmentasi
    Teh botol sosro merupakan produk unggulan PT. Sinar Sosro. Teh Botol Sosro mempunyai segmentasi pasar yang sangat luas, Mereka ingin menarik semua lapisan masyarakat dan semua kalangan masyarakat untuk menjadi costumer dari teh botol. Mulai dari kalangan bawah, Teh Botol Sosro juga sangat diminati sampai ke kalangan eksekutif di Indonesia.
  • Targeting
    Anak – anak (usia 9 sampai 12 tahun)
    Remaja (usia 13 sampai 18 tahun)
    Dewasa
    Jenis Kelamin  : Pria dan Wanita
    Pekerjaan         : Semua orang yang mempunyai pekerjaan
    Pendidikan       : Semua golongan masyarakatSosro memiliki target pasar yang jelas, dengan target orang yang sedang melakukan perjalanan.
  • Positioning
    Apapun makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro. Itu merupakan Tag Line dari produk Minuman teh kemasan botol ini. Berbagai variasi produk dari teh botol dapat di nikmat oleh masyarakat. Dengan rasanya yang khas dan teh botol sebagai minuman teh kemasan botol yang telah menjadi top of mind dari masyarakat. Produk yang unik dan baru untuk negara-negara peminum teh di luar Indonesia. Memasuki pasar yang baru dengan target market, culture dan semua aspek yang berbeda dari Indonesia merupakan sebuah tantangan bagi Teh Botol untuk menjadi produk Teh nomor wahid se-jagad raya.

Setelah menentukan STP dilanjutkan ke proses AIDA:

  • Attention: Konsumen lewat di depan sebuah toko yang menjual minuman-minuman dingin, konsumen tersebut memperhatikan satu jenis minuman yang dipajang di kulkas depan toko tersebut yaitu teh botol sosro;
  • Interest: Kemudian konsumen tersebut mulai tertarik dan mengambil minuman tersebut (Teh Botol Sosro) untuk dibaca terlebih dahulu kandungan yang ada dan lain-lain;
  • Desire: Setelah membaca kandungan yang tertera pada packaging minuman teh botol sosro, keinginannya semakin meningkat dan mencari si penjual ke dalam toko;
  • Action: Setelah masuk ke dalam toko dan menemukan penjual minuman tersebut, dia menanyakan harganya dan langsung dibayar.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s