Coca Cola – Open Happiness

Hallo semua, apa kabar? Di dalam penulisan saya kali ini, saya akan membahas Social Marketing Campaign tentang Coca Cola – Open Happiness. Tapi sebelumnya, saya akan menjelaskan dulu apa sih Social Marketing itu.

Jadi, Social Marketing adalah prinsip dan teknik pemasaran yang dapat mempengaruhi target market agar secara sukarela mengubah perilaku untuk meningkatkan kesejahteraan individu maupun kelompok. Secara garis besar, kita harus mengedepankan nilai-nilai sosial untuk kepentingan orang banyak. Di dalam Social Marketing, target sasaran diharapkan untuk mengubah perilaku yang baru.

download

Social Marketing sangat berhubungan dengan CSR (Corporate Social Responsible), yang berarti bagaimana suatu perusahaan dapat bermanfaat untuk orang banyak dan juga lingkungan sekitarnya.

Oke, langsung masuk ke topik yang saya akan bicarakan yaitu membahas salah satu Social Marketing Campaign dari Coca Cola yang bertema Open Happiness.

coca_cola1

Penjelasan Tentang Lagu Kampanye Open Happiness (Buka Semangat Baru)

Musik memainkan peran sentral dalam kampanye. Lagu Open Happiness berdasarkan pada awalnya ditampilkan dalam iklan televisi untuk pasar Amerika. Lagu ini dirilis sebagai single. Ini ada kolaborasi antara Cee-Lo dari Gnarls Barkley, Patrick Stump dari Fall Out Boy, Brendon Urie dari Panic! at the Disco, Travis McCoy dari Gym Class Heroes, Janelle Monae, dengan Polow Da Don dari Butch Walker sebagai produser. Disutradarai oleh sutradara pemenang penghargaan, Alan Ferguson, video klip untuk lagunya diluncurkan di MTV pada bulan Juli 2009.

Perusahan Coca Cola pada Mei 2009 mengumumkan bahwa ikon pop Labanon Nancy Ajram merekam versi bahasa Arab dari Open Happiness, yang disebut “eftah Tefrah”, yang dirilis di pasar Timur Tengah. Perusahaan Coca Cola kemudian mulai memasarkan Open Happiness tema untuk pasar Asia Timur pada Juni 2009. Lagu Open Happiness ini disesuaikan dengan bahasa Kanton untuk di Hong Kong.; lagu ini dinyanyikan oleh bintang pop Hong Kong Joey Yung. Sebuah versi dari lagu untuk Singapura dirilis kemudian dibulan yang sama, yang dinyanyikan oleh bintang pop lokal Derrick Jocie Guo Holt. Video klipnya difilmkan oleh Warner Music. Pada bulan Juli 2009 Open Happiness diluncurkan di China, dimana versi lokal dari lagu ini direkam oleh penyanyi dan pencipta lagu China, Wang Leehom. Di China, lagu tersebut mencapai peringkat pertama di beberapa tangga musik.

Pada bulan November 2009, The Coca Cola Company meluncurkan versi Indonesia Open Happiness, dengan judul “Buka Semangat Baru”. Lagu ini dinyanyikan oleh Ello, Ipang, dan Berry dari group hip-hop/rock Saint Loco, dan bintang pop indonesia-Filipina, Lala Karmela.

Coca Cola – Open Happiness Campaign

Campaign dengan tema “Open Happiness” yang saya akan bahas kali ini adalah berfokus kepada mahasiswa atau mahasiswi yang baru saja masuk ke perguruan tinggi yang mereka idamkan. Biasanya pada saat baru masuk ke perguruan tinggi, jarang sekali ada orang yang bisa langsung berkenalan kepada teman-teman yang baru juga masuk ke perguruan tinggi tersebut. Dengan campaign ini Coca Cola membuat sesuatu yang spesial agar membuat mahasiswa-mahasiswi mempunyai ikatan yang baru dan membuat mereka berbicara satu sama lain. Dan dalam video tersebut terdapat satu slogan “Open a Coke, Open a new friendship”.

Open Happiness merupakan salah satu Social Marketing Campaign yang menarik bagi saya, Campaign ini telah dimulai pada tahun 2006 dan berlanjut hingga saat ini. Video Coca Cola – Open Happiness ini menyadarkan saya bahwa pada saat memasuki suatu kegiatan baru dan tidak mengenal satu pun orang di kegiatan tersebut, kita tetap harus memulai nya dengan mengajak berkenalan. Dengan video ini, diharapkan seluruh mahasiswa-mahasiswi baru agar tetap memecahkan suasana dan bisa saling berbicara satu sama lain.

Demikian tulisan saya mengenai Social Marketing Campaign dari Coca Cola yang berjudul “Coca Cola – Open Happiness”. Selamat membaca, semoga bermanfaat. Have a nica day:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s