Menganalisa Website “LAZADA Indonesia”

Hai semua, di tulisan saya kali ini saya akan menganalisa website “LAZADA” Toko Online Terbesar di Indonesia. Di tulisan ini saya akan membahas beberapa topik, yaitu:

  1. Penjelasan LAZADA Indonesia
  2. AIDA LAZADA
  3. User Interface
  4. User Experience

So, kita mulai aja ya…

LAZADA Indonesia

logo-lazada-hi-resLAZADA Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan travelling ataupun olahraga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara.

Group LAZADA International di Asia Tenggara terdiri dari LAZADA Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, LAZADA Filipina. Jaringan LAZADA Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman Rocket Internet.

AIDA LAZADA

AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan action. AIDA itu sendiri pun banyak digunakan oleh pemasar dalam komunikasi mereka untuk menarik prospek untuk melakukan pembelian dan pengambilan tindakan yang diinginkan.

  • ATTENTION: Tahap ini merupakan tahap dimana customer menyadari mengenai keberadaan produk-produk yang disediakan oleh LAZADA. Sebelumnya, LAZADA telah melakukan research mengenai keinginan customer melalui apa saja yang sering mereka butuhkan atau yang mereka cari di kolom search. Bagi yang memiliki aplikasi LAZADA pada handphone, biasanya akan menerima notifikasi penawaran produk-produk baru, sehingga pelanggan tertearik untuk menulusuri lebih lanjut.
  • INTEREST: Tahap ini merupakan tahap dimana Customer merasa tertarik dengan produk yang ditawarkan maupun produk yang tersedia di dalam website. LAZADA memberikan informasi yang jelas mengenai produk yang di tawarkan pada laman detail produk. LAZADA pun bukan hanya memiliki situs resmi tetapi mereka juga memiliki blog resmi, dan fanpage facebook sehingga customer merasa dekat dengan LAZADA dan informasi yang mereka dapatkan juga membuat customer tertarik.
  • DESIRE: Tahap ini merupakan tahap dimana memberikan penawaran kepada customer, sehingga customer memiliki keinginan untuk membeli produk yang LAZADA tawarkan. Dalam situs resmi LAZADA, terdapat iklan yang muncul berisikan “Seller Pilihan Peralatan Rumah UP TO 70% OFF” , “Fashion Termodis diskon Hingga 73%” dan lain-lain. Dengan adanya iklan tersebut, LAZADA membuat customer memiliki hasrat untuk membeli produk tersebut. LAZADA juga memberikan kemudahan kepada customer yaitu pengiriman gratis, sistem pembayaran online yang lengkap, pengembalian gratis, layanan konsumen yang baik dan garansi komitmen.
  • ACTION: Tahap ini merupakan tahap dimana customer akan memustuskan untuk melakukan pembelian terhadap produk-produk yang dianggap sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

USER INTERFACE:

LAZADA Indonesia memiliki tampilan awal website atau situs resmi yang menyediakan banyak menu pilihan. Selain itu juga terdapat menu pencarian atau search agar customer bisa mendapatkan apa yang diinginkan. LAZADA Indonesia menyediakan beraneka macam, mulai dari fashion, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik dan lain-lain. Dalam situs resmi tersebut juga terdapat menu yang lengkap mulai dari produk yang tersedia, metode pembayaran dan proses pengiriman. Warna yang ditampilkan pada situs resmi LAZADA bernuansa biru dan orange yang terkesan simple dan elegan.

USER EXPERIENCE:

Website atau situs resmi yang ditampilkan oleh LAZADA sangat mudah digunakan. Ketika kita mengunjungi website tersebut, kita dapat memilih produk-produk yang tersedia secara spesifik. LAZADA pun mengetahui bahwa masyarakat Indonesia senang akan produk-produk sale, oleh sebab itu dalam website LAZADA hampir semua produk dijual dengan harga yang disudah di potong. Selain itu, untuk memesan produk-produk yang tersedia di LAZADA sangatlah mudah dan disertai juga oleh metode pembayaran yang lengkap. Disaat kita ingin melihat produk tersebut, terdapat pula detail produk dan gambar produk tersebut bahkan terdapat juga hasil review para pembeli.

Demikian tulisan saya mengenai Menganalisa Website “LAZADA Indonesia”. Selamat membaca, semoga bermanfaat. Have a nice day:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s